Selasa, 25 Januari 2022

Kode Error di Motor Injeksi Honda dan Cara Bacanya Tanpa Scanner

 Kode Error di Motor Injeksi Honda dan Cara Bacanya Tanpa Scanner

Kelebihan dari sistem injeksi bukan hanya konsumsi bahan bakarnya yang sangat irit, tapi juga memudahkan kita untuk memahami kerusakan motor. Melalui MIL (Malfunction Indicator Light) yang menyala di speedometer, sobat bisa tahu bagian motor yang mengalami kerusakan dengan tepat.

Jika motor dalam kondisi yang prima, ketika kunci kontak diposisikan ON, maka semua lampu indikator pada speedometer akan menyala kurang lebih selama 3 detik. Setelah itu, lampu akan padam kecuali lampu netral.

Tapi jika lampu indikator injection-nya tidak mati, malah berkedip-kedip, berarti ada masalah dengan salah satu komponen pada sistem injeksi motor.

Ada dua cara untuk membaca kedipan pada MIL, yaitu kedipan panjang dan kedipan pendek. Jika ditemukan kedipan pendek sebanyak 7 kali maka nilai MIL nya adalah 7 (tujuh).

Jika ditemukan kedipan panjang 1 kali + 2 kali kedipan pendek maka nilai MIL nya adalah 12 (duabelas). Untuk mengartikan error system antara satu dengan berikutnya, ada jeda kurang lebih 3-5 detik.

Sistem PGM-FI pada motor Honda cukup canggih. Sistem bisa melakukan diagnosa diri sendiri yang akan melaporkan kondisi yang tidak normal pada motor. Untuk itu, kalian perlu memahami kode kerusakan yang muncul di MIL motor injeksi Honda.

Lampu MIL adalah lampu indikator yang memberi informasi kerusakan motor pada sistem PGM-FI. Lampu MIL berada pada bagian spedometer motor yang ditandai warna orange. Apabila terjadi permasalahan pada sensor PGM-FI maka lampu MIL akan menyala dan berkedip.

Gambar 1. Letak Lampu MIL pada Vario 125 Old

Dalam kondisi normal, saat kunci kontak pada posisi on MIL akan menyala sekitar 0,3 detik dan akan mati kembali. Pada saat MIL menyala ECM akan mendeteksi ada tidaknya kerusakan pada sistem sensor.

Apabila tidak terjadi kerusakan maka MIL akan mati dan motor siap dinyalakan. Hal ini menandakan bahwa sistem injeksi dan sensornya masih aktif, bekerja dalam keadaan normal atau tidak terjadi kerusakan.

Tetapi jika terjadi kerusakan pada motor, maka MIL akan berkedip terus. Hal itu menandakan bahwa terjadi permasalahan pada sistem injeksi dan sensor-sensornya. Lampu MIL akan menyala berkedip terus menerus selama motor belum diperbaiki.

Cara Membaca Kode Kerusakan Motor Honda

Kerusakan dalam sistem injeksi bisa diketahui dengan membaca isyarat kedipan pada MIL. Untuk itu, kalian perlu mengetahui bagaimana cara membaca kedipannya. MIL ini akan berkedip panjang dan pendek, yang menunjukkan kode kerusakan di motor Honda.

Sebagaimana dikutip dari laman Honda Cengkareng, MIL mempunyai 2 macam kedipan yaitu:

·       Kedipan panjang (berlangsung selama 1,3 detik) – Satu kedipan panjang adalah ekuivalen dengan sepuluh kedipan pendek.

·       Kedipan pendek (berlangsung selama 0.3 detik) – Satu kedipan pendek adalah ekuivalen dengan satu kedipan.

Gambar 2. Pola MIL (https://henduino.github.io/)

Kedipan ini berlangsung selama 1,3 detik. Satu kedipan panjang adalah ekuivalen dengan sepuluh kedipan pendek. Jika satu kedipan panjang diikuti dengan dua kedipan pendek dibaca 12 kali kedipan (satu kedipan panjang = 10 kedipan, ditambah dua kedipan pendek).

Sebagai contoh, motor kalian pernah terjatuh dalam kondisi mesin hidup, sensor bank angle secara otomatis akan mematikan mesin demi alasan keselamatan.

Kadang, setelah motor terjatuh membuat sensor bank angle bermasalah, karena soketnya kendor. Maka MIL akan menunjukkan kode 54, yaitu 5 kedipan panjang diikuti 4 kedipan pendek.

Daftar Kode Kerusakan yang bisa muncul di MIL Motor Honda

Kedipan

Penyebab Kerusakan

Akibat Yang Ditimbulkan

1 Kedipan

Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)

·  Terjadi kerusakan pada sensor MAP dan tingkat kevakuman pada intake manifold tidak stabil

·  Akselerasi kurang baik

·  Mesin bekerja dengan normal, tetapi kurang tenaga pada putaran atas

7 Kedipan

Sensor ECT (Engine Coolant Temperature) atau sensor EOT (Engine Oil Temperature)

·  Sensor ECT atau rangkaiannya tidak berfungsi

·  Sambungan pada soket sensor ECT dan EOT terjadi Intermitten Failure (putus sambung)

·  Sulit dihidupkan pada suhu rendah

·  Mesin cepat panas

8 Kedipan

Sensor TP (Throttle Position)

·  Sensor TP atau rangkaiannya tidak berfungsi

·  Kontak yang longgar atau tidak baik pada konektor unit sensor

·  Boros bahan bakar

·  Akselerasi tidak baik

·  Mesin sering mati

9 Kedipan

Sensor IAT (Intake Air Temperature)

·  Sensor IAT atau rangkaiannya tidak berfungsi

·  Kontak yang longgar atau tidak baik pada konektor unit sensor

·  Akselerasi kurang baik

·  Mesin bekerja dengan normal, tetapi kurang tenaga pada putaran menengah

11 Kedipan

Sensor VS (Vehicle Speed) atau kecepatan kendaraan

·  Sensor VS atau rangkaiannya tidak berfungsi

·  Kontak yang longgar atau tidak baik dari konektor sensor VS

·  Indikator Speedometer tidak berfungsi

·  ISS tidak berfungsi (khusus untuk motor yang menggunakan ISS)

12 Kedipan

Sistem Injector

·  Injector atau rangkaiannya tidak berfungsi

·  Kontak yang longgar atau tidak baik pada konektor Injector

·  Mesin tidak dapat dihidupkan

·  Injector, pompa bahan bakar dan coil pangapian mati

21 Kedipan

Sensor O2 (Oxigen Sensor)

·  Sensor O2 atau rangkaiannya tidak berfungsi

·  Kontak yang longgar atau tidak baik pada sensor O2

·  Mesin sulit dihidupkan

·  Bunyi letupan pada bagian knalpot

29 Kedipan

Rangkaian IACV (Intake Air Control Valve)

·  IACV atau rangkaiannya tidak berfungsi

·  Kontak yang longgar atau tidak baik pada sensor IACV

·  Mesin sulit dihidupkan, putaran stasioner kasar

·  Boros bahan bakar

33 Kedipan

EEPROM ECM (Elektrically Erasable Progammable Read Only Memory Engine Control Module)

·  ECM atau rangkaiannya tidak berfungsi

·  Kontak yang longgar atau tidak baik pada konektor ECM

·  Mesin tidak dapat dihidupkan

·  Mesin sering mati

52 Kedipan

Sensor CKP (Crankshaft Position)

·  Sensor CKP atau rangkaiannya tidak berfungsi

·  Kontak yang longgar atau tidak baik pada sensor CKP

·  Mesin sering mati/sulit dihidupkan

·  Putaran stasioner kasar

·  Motor bekerja dengan normal tetapi akselerasi kurang di semua kecepatan

54 Kedipan

Sensor BAS (Bank Angle Sensor)

·  Sensor bank angle atau rangkaiannya tidak berfungsi

·  Kontak yang longgar atau tidak baik pada sensor BAS

·  Sensor bank angle tidak bekerja (Mesin tetap hidup pada saat sepeda motor jatuh)


Referensi:

1.    https://www.carmudi.co.id/journal/kenali-kode-kerusakan-di-motor-injeksi-honda-antisipasi-saat-terjadi-kerusakan/

2.    https://www.dayaauto.co.id/pahami-kode-kerusakan-motor-injeksi-honda-tiap-kedipan-lampu-punya-arti/


0 Reviews:

Posting Komentar