Kode Error di Motor Injeksi Honda dan Cara Bacanya Tanpa Scanner
Kelebihan dari sistem injeksi bukan hanya konsumsi bahan bakarnya yang sangat irit, tapi juga memudahkan kita untuk memahami kerusakan motor. Melalui MIL (Malfunction Indicator Light) yang menyala di speedometer, sobat bisa tahu bagian motor yang mengalami kerusakan dengan tepat.
Jika motor dalam kondisi
yang prima, ketika kunci kontak diposisikan ON, maka semua lampu indikator pada
speedometer akan menyala kurang lebih selama 3 detik. Setelah itu, lampu akan
padam kecuali lampu netral.
Tapi jika lampu indikator
injection-nya tidak mati, malah berkedip-kedip, berarti ada masalah dengan
salah satu komponen pada sistem injeksi motor.
Ada dua cara untuk
membaca kedipan pada MIL, yaitu kedipan panjang dan kedipan pendek. Jika
ditemukan kedipan pendek sebanyak 7 kali maka nilai MIL nya adalah 7 (tujuh).
Jika ditemukan kedipan
panjang 1 kali + 2 kali kedipan pendek maka nilai MIL nya adalah 12 (duabelas).
Untuk mengartikan error system antara satu dengan berikutnya, ada jeda kurang
lebih 3-5 detik.
Sistem PGM-FI pada motor
Honda cukup canggih. Sistem bisa melakukan diagnosa diri sendiri yang akan
melaporkan kondisi yang tidak normal pada motor. Untuk itu, kalian perlu
memahami kode kerusakan yang muncul di MIL
motor injeksi Honda.
Lampu MIL adalah lampu
indikator yang memberi informasi kerusakan motor pada sistem PGM-FI. Lampu MIL
berada pada bagian spedometer motor yang ditandai warna orange. Apabila terjadi
permasalahan pada sensor PGM-FI maka lampu MIL akan menyala dan berkedip.
Gambar 1. Letak Lampu MIL pada Vario 125 Old
Dalam kondisi normal,
saat kunci kontak pada posisi on MIL akan menyala sekitar 0,3 detik dan akan
mati kembali. Pada saat MIL menyala ECM akan mendeteksi ada tidaknya kerusakan pada
sistem sensor.
Apabila tidak terjadi
kerusakan maka MIL akan mati dan motor siap dinyalakan. Hal ini menandakan
bahwa sistem injeksi dan sensornya masih aktif, bekerja dalam keadaan normal
atau tidak terjadi kerusakan.
Tetapi jika terjadi
kerusakan pada motor, maka MIL akan berkedip terus. Hal itu menandakan bahwa
terjadi permasalahan pada sistem injeksi dan sensor-sensornya. Lampu MIL akan
menyala berkedip terus menerus selama motor belum diperbaiki.
Cara Membaca Kode
Kerusakan Motor Honda
Kerusakan dalam sistem
injeksi bisa diketahui dengan membaca isyarat kedipan pada MIL. Untuk itu,
kalian perlu mengetahui bagaimana cara membaca kedipannya. MIL ini akan
berkedip panjang dan pendek, yang menunjukkan kode kerusakan di motor Honda.
Sebagaimana dikutip dari
laman Honda Cengkareng, MIL mempunyai 2 macam kedipan yaitu:
·
Kedipan panjang (berlangsung selama 1,3
detik) – Satu kedipan panjang adalah ekuivalen dengan sepuluh kedipan pendek.
·
Kedipan pendek (berlangsung selama 0.3
detik) – Satu kedipan pendek adalah ekuivalen dengan satu kedipan.
Gambar 2. Pola MIL (https://henduino.github.io/)
Kedipan ini berlangsung
selama 1,3 detik. Satu kedipan panjang adalah ekuivalen dengan sepuluh kedipan
pendek. Jika satu kedipan panjang diikuti dengan dua kedipan pendek dibaca 12
kali kedipan (satu kedipan panjang = 10 kedipan, ditambah dua kedipan pendek).
Sebagai contoh, motor
kalian pernah terjatuh dalam kondisi mesin hidup, sensor bank angle secara
otomatis akan mematikan mesin demi alasan keselamatan.
Kadang, setelah motor
terjatuh membuat sensor bank angle bermasalah, karena soketnya kendor. Maka MIL
akan menunjukkan kode 54, yaitu 5 kedipan panjang diikuti 4 kedipan pendek.
Daftar Kode Kerusakan
yang bisa muncul di MIL Motor Honda
Kedipan |
Penyebab Kerusakan |
Akibat Yang Ditimbulkan |
1 Kedipan |
Sensor MAP (Manifold Absolute
Pressure) · Terjadi kerusakan pada sensor MAP dan
tingkat kevakuman pada intake manifold tidak stabil |
· Akselerasi kurang baik · Mesin bekerja dengan normal, tetapi
kurang tenaga pada putaran atas |
7 Kedipan |
Sensor ECT (Engine Coolant Temperature) atau sensor EOT (Engine
Oil Temperature) · Sensor ECT atau rangkaiannya tidak
berfungsi · Sambungan pada soket sensor ECT dan EOT
terjadi Intermitten Failure (putus sambung) |
· Sulit dihidupkan pada suhu rendah · Mesin cepat panas |
8 Kedipan |
Sensor TP (Throttle Position) · Sensor TP atau rangkaiannya tidak
berfungsi · Kontak yang longgar atau tidak baik
pada konektor unit sensor |
· Boros bahan bakar · Akselerasi tidak baik · Mesin sering mati |
9 Kedipan |
Sensor IAT (Intake Air Temperature) · Sensor IAT atau rangkaiannya tidak
berfungsi · Kontak yang longgar atau tidak baik
pada konektor unit sensor |
· Akselerasi kurang baik · Mesin bekerja dengan normal, tetapi
kurang tenaga pada putaran menengah |
11 Kedipan |
Sensor VS (Vehicle Speed) atau kecepatan kendaraan · Sensor VS atau rangkaiannya tidak berfungsi · Kontak yang longgar atau tidak baik
dari konektor sensor VS |
· Indikator Speedometer tidak berfungsi · ISS tidak berfungsi (khusus untuk motor
yang menggunakan ISS) |
12 Kedipan |
Sistem Injector · Injector atau rangkaiannya tidak
berfungsi · Kontak yang longgar atau tidak baik
pada konektor Injector |
· Mesin tidak dapat dihidupkan · Injector, pompa bahan bakar dan coil
pangapian mati |
21 Kedipan |
Sensor O2 (Oxigen Sensor) · Sensor O2 atau rangkaiannya tidak
berfungsi · Kontak yang longgar atau tidak baik
pada sensor O2 |
· Mesin sulit dihidupkan · Bunyi letupan pada bagian knalpot |
29 Kedipan |
Rangkaian IACV (Intake Air Control
Valve) · IACV atau rangkaiannya tidak berfungsi · Kontak yang longgar atau tidak baik
pada sensor IACV |
· Mesin sulit dihidupkan, putaran
stasioner kasar · Boros bahan bakar |
33 Kedipan |
EEPROM ECM (Elektrically Erasable Progammable Read Only Memory
Engine Control Module) · ECM atau rangkaiannya tidak berfungsi · Kontak yang longgar atau tidak baik
pada konektor ECM |
· Mesin tidak dapat dihidupkan · Mesin sering mati |
52 Kedipan |
Sensor CKP (Crankshaft Position) · Sensor CKP atau rangkaiannya tidak
berfungsi · Kontak yang longgar atau tidak baik
pada sensor CKP |
· Mesin sering mati/sulit dihidupkan · Putaran stasioner kasar · Motor bekerja dengan normal tetapi
akselerasi kurang di semua kecepatan |
54 Kedipan |
Sensor BAS (Bank Angle Sensor) · Sensor bank angle atau rangkaiannya
tidak berfungsi · Kontak yang longgar atau tidak baik
pada sensor BAS |
· Sensor bank angle tidak bekerja (Mesin
tetap hidup pada saat sepeda motor jatuh) |
Referensi:
2.
https://www.dayaauto.co.id/pahami-kode-kerusakan-motor-injeksi-honda-tiap-kedipan-lampu-punya-arti/
0 Reviews:
Posting Komentar